Minggu, 25 September 2016

Pentingnya Menuntut Ilmu

Bismillahirahmanir Rahim,..

Allah SWT berfirman dalm QS. Al-Mujadalah (58): 11,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ             

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadalah (58):11)

Sebagaimana telah disebutkan dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11, Allah memulikan orang-orang berilmu dengan menaikan derajat mereka. Banyak ayat maupun hadist lain yang menerangkan tentang kemuliaan yang diberikan pada orang-orang yang menuntut ilmu, seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya “Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu” (HR. Thabrani).

Ilmu merupakan kunci untuk mendapatkan kemuliaan dunia maupun akhirat. Dengan ilmu maka akan terbuka jalan untuk mencari solusi atas masalah yang menghampiri. Kita sebagai generasi penerus umat, harus membangun islam. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas diri dengan terus mempelajari ilmu baik melalui pendidikan formal maupun melalui pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meningkatkan kualitas para pemuda islam maka akan meningkat pula kualitas umat ini. 

Selain itu keutamaan para penuntut ilmu juga diutarakan Rasulullah SAW melalui sabda Beliau yang artinya, “Barangsiapa menempuh suatu jalan dalam rangka mencari ilmu maka Allah akan tunjukkan baginya salah satu jalan dari jalan-jalan menuju ke surga. Sesungguhnya malaikat meletakan syap-sayap mereka sebagai bentuk keridhaan terhadap penuntut ilmu.Sesungguhnya semua yang ada di langit dan di bumi meminta ampun untuk seorang yang berilmu sampai ikan yang ada di air. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dibandingkan dengan ahli ibadah sebagaimana keutamaan bulan purnama terhadap semua bintang. Dan sesungguhnya para ulama’ adalah pewaris para Nabi, dan sesungguhnya mereka tidaklah mewariskan dinar maupun dirham, akan tetapi mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambil bagian ilmu maka sungguh dia telah mengambil bagian yang berharga.”

  Dewasa ini, islam terpuruk karena beberapa kesalahan pahaman dan fitnah-fitnah yang merajalela. Oleh karena itu, kita harus mampu menangkis semua permasalahan modern ini dengan kiat dan cara yang tepat agar bisa tuntas tersesaikan dan mengembalikan harum nama Islam. Semoga Allah SWT memberikan kita kemudahan untuk menuntut ilmu. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar