Minggu, 25 September 2016

Kisah Ikrimah r.a



Kisah Ibnu Abbas R.huma Merantai Hamba Sahayanya

          Sebelumnya Ikrimah rah.a. adalah hamba sahaya milik Abdullah bin Abbas r.a. kemudian, ia menjadi seorang ulama yang terkenal. Ia bercerita, “ketika tuanku Abdullah bin Abbas mengajariku Al-Qur’an, hadist, dan syariat agama ia merantai kakiku agar aku tidak pergi kemana-mana. Dialah yang mengajari AlQur’an dan hadist kepadaku”. (Bukhari)

(Sumber: Himpunan Fadhilah Amal- Maulana Muhammad Zakariyya)


Amanat

Anak-anak cenderung lebih suka mengabiskan waktu untuk bermain, jalan-jalan ataupun hal sejenis daripada mempelajari pengetahuan, terlebih agama. Dewasa ini, pengertian tentang pentingnya agama tak lagi diindahkan oleh generasi muda, membuat mereka cenderung memiliki kehidupan yang kurang bermanfaat dan menjerumus pada hedonisme yang menyebabkan kebutaan pada hal-hal mendasar pada agama yang mereka anut, Islam. Berdasarkan kisah di atas, perlu sebuah paksaan pada mulanya untuk membuat anak mempelajari agama. Namun, hal ini tidak boleh melewati batas seperti kekerasan, agar tidak menimbulkan trauma bagi anak yang bersangkutan.

Pada akhirnya, orang-orang yang memiliki ilmulah yang akan menempati posisi-posisi yang prestisius dan dihormati. Sebagaimana janji Allah untuk mengangkat derajat orang-orang yang berilmu beberapa derajat. Sebagaimana firma-Nya dalam surah Al-Mujadalah [58] ayat 11:

 يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar