Rabu, 23 November 2016

ARTIKEL FISIKA (LISTRIK DINAMIS)

PRINSIP DASAR PEMBANGKITAN ENERGI LISTRIK DI DALAM LISTRIK DINAMIS
 Navida Shofuro (12161529) 
STIMIK El-Rahma Yogyakarta 

ABSTRAK
Kata kunci: Pembangkitan Energi Listrik, Listrik Dinamis.
     Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang prinsip dasar pembangkitan energi listrik di dalam listrik dinamis. Dimana listrik dinamis adalah kajian kelistrikan yang muatannya bergerak/mengalir.

PENDAHULUAN
    Listrik dinamis adalah kajian kelistrikan yang muatannya bergerak/mengalir. Listrik yang kini dapat dirasakan di rumah sehari-hari merupakan listrik yang muatannya bergerak. Listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Cara mengukur kuat arus pada listrik dinamis adalah muatan listrik dibagai waktu dengan satuan muatan listrik adalah coulumb dan satuan waktu adalah detik. Kuat arus pada rangkaian bercabang sama dengan kuat arus yang masuk sama dengan kuat arus yang keluar, sedangkan pada rangkaian seri kuat arus tetap sama disetiap ujung-ujung hambatan. Sebaliknya tegangan berbeda pada hambatan. Pada rangkaian seri tegangan sangat tergantung pada hambatan, tetapi pada rangkaian bercabang tegangan tidak berpengaruh pada hambatan. Semua itu telah dikemukakan oleh Hukum kirchoff yang berbunyi "Jumlah kuat arus listrik yang masuk sama dengan jumlah kuat arus listrik yang keluar". Berdasarkan hukum ohm dapat disimpulkan cara mengukur tegangan listrik adalah kuat arus × hambatan. Hambatan nilainya selalu sama karena tegangan sebanding dengan kuat arus. Tegangan memiliki satuan volt(V) dan kuat arus adalah ampere(A) serta hambatan adalah ohm. 
      Hukum Kichoff I berbunyi : " Secara Aljabar jumlah arus-arus cabang pada suatu titik pertemuan dalam rangkaian listrik selalu sama dengan nol ". (Sumber : Buku Rangkaian Elektronika Dasar terbitan Ganeca Exact Bandung halaman 55 ) .
     Hukum kirchoff I ini disebut sebagai Hukum Kirchoff arus. Hukum Kirchoff II berbunyi : "Secara Aljabar jumlah gaya-gaya motor listrik (tegangan E) dan kerugian-kerugian tegangan IxR dalam rangkaian listrik tertutup adalah sama dengan nol". (Sumber : Buku Rangkaian Elektronika Dasar terbitan Ganeca Exact Bandung halaman 56 ) . Hukum kirchoff II ini disebut sebagai Hukum Kirchoff tegangan. Perbandingan antara beda potensial dan kuat arus disebut resistansi.


PEMBAHASAN
     Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak atau mengalir dalam rangkaian listrik. Arus listriknya merupakan aliran muatan listrik yang umumnya melewati kawat penghantar tiap satuan waktu. Arah dari arus listrik searah dengan arah gerak muatan positif dan banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui penghantar setiap satuan waktu. Bila elektron-elektron bebas bergerak dengan arah yang tetap, maka listrik dinamis ini disebut listrik arus searah (DC). Bila arah gerakan dan jumlah arus (besar arus) bervariasi secara periodik terhadap waktu, maka listrik dinamis ini disebut listrik arus bolak-balik (AC). Pada dasarnya, energi dalam listrik dinamis akan bangkit (muncul) karena adanya aliran elektron. Elektron yang mengalir berarti elektron-elektron tersebut terus bergerak (dinamis). 
     Elektron dapat mengalir pada suatu rangkaian jika ada beda potensial. Tapi jika rangkaiannya terbuka elektron tetap tidak mengalir walaupun ada beda potensial. Terjadinya arus listrik dari kutub positif ke kutub negatif dan aliran elektron dari kutub negatif ke kutub positif, disebabkan oleh adanya beda potensial antara kutub positif dengan kutub negatif, dimana kutub positif mempunyai potensial yang lebih tinggi dibandingkan kutub negatif. 
     Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa arus listrik timbul jika ada perbedaan potensial. Beda potensial atau disebut juga tegangan dapat diukur dengan Voltmeter. Voltmeter selalu dipasang Paralel terhadap komponen yang akan diukur beda potensialnya. 

Gambar Pengukuran Beda Potensial 

KESIMPULAN
    Energi dalam listrik dinamis akan bangkit (muncul) karena adanya aliran elektron. Elektron yang mengalir berarti elektron-elektron tersebut terus bergerak (dinamis). Elektron dapat mengalir pada suatu rangkaian jika ada beda potensial. Tapi jika rangkaiannya terbuka elektron tetap tidak mengalir walaupun ada beda potensial.

SARAN
    Dengan membaca artikel ini penulis berharap semoga pembaca dapat berfikir tepat dan benar sehingga terhindar dari kesimpulan yang salah dan kabur. Setidaknya dengan makalah ini, ada semacam pencerahan intelektual dalam menyuguhkan motivasi untuk segera mempelajari tentang listrik dinamis ehingga kita dapat mengembangkan pengetahuan yang kita miliki. 

DAFTAR PUSTAKA 
http://ahmad-sabani.blogspot.co.id/2011/08/dasar-dasar-kelistrikan.html https://id.wikipedia.org/wiki/Listrik_dinamis
https://merlina900301.wordpress.com/ipa-3/listrik-dinamis/
http://omahtugas.blogspot.co.id/
http://www.mediasiswa.com/pengertian-listrik-dinamis/# https://sahabatyudha.wordpress.com/2010/12/29/dasar-dasar-kelistrikan/

1 komentar: